Jumat, 02 Juni 2017

Tugas Softskill 3

Peng. Animasi & Desain Grafis




Disusun Oleh :


1.      ZUAN FAUZAN                                   (17114992)
2.      NITHA TIARA PUTRI                          (17114992)
3.      MEYDI ANNISA                                   (16114610)



UNIVERSITAS GUNADARMA
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
PTA 2016/2017




OBYEK - OBYEK FLASH

Objek - objek dalam Macromedia Flash 8

A.    Dasar Objek

Ketika menggambar objek dalam Flash seperti objek lingkaran, kotak, oval dll, secara otomatis Flash akan menyediakan dua unsur objek, yaitu Fill (bidang objek) dan Stroke (bingkai/pinggir objek).
                              
Unsur Objek

B.    Memilih atau Menyeleksi Objek

Objek dalam Flash terbagi dalam dua unsur yaitu Fill objek dan Stroke objek.
Keterangan :
Gambar 1: Objek Belum Diseleksi.           Gambar 2: Stroke Objek Terseleksi.
Gambar 3: Fill Objek Terseleksi.               Gambar 4: Fill dan Stroke Objek Terseleksi.

Untuk melakukan penyeleksian objek, dilakukan dengan menggunakan Arrow Tool yang terdapat dalam Tools Box, kemudian tinggal di klik fill atau stroke dari objek yang akan diseleksi. Untuk menyeleksi seluruh objek (fill dan stroke) double klik pada fill objek tersebut.

C.    Membuat Gradasi Warna 
Untuk membuat contoh suatu gradasi warna ikuti langkah berikut :
1. Buatlah sebuah objek lingkaran pada stage.
2. Buatlah lingkaran tersebut tanpa stroke.
3. Seleksi objek lingkaran tersebut.
4. Klik tanda segitiga pada Panel Color Mixer. Jika Panel Color Mixer belum ada klik menu Window > Color Mixer kemudian tempatkan di bagian panel (bagian kanan stage).
5. Klik Fill Color, pilih warna hitam.
6. Klik Fill Style pilih Radial. Lingkaran akan berubah menjadi gradasi putih-hitam.
7. Ubahlah gradasi putih-hitam menjadi gradasi hitam-putih. Klik Pointer Gradasi bagian kiri di Bar Gradasi kemudian klik Fill Color dan ganti warnanya menjadi hitam.
8. Klik Pointer Gradasi bagian kanan lalu klik Fill Color ganti warnanya menjadi putih.

Panel Color Mixer dengan Gradasi Radial Putih-Hitam


Hasil Gradasi Warna

D.    Transformasi Objek
Untuk mengubah skala objek, langkahnya dalah sebagai berikut :
1. Buat objek segiempat di stage.
2. Seleksi seluruh objek.
3. Klik Free Transform tool pada toolbox.
4. Drag salah satu titik sudutnya.
Panel Transform

E.   Menata Posisi Objek
1. Seleksi atau pilih objek yang akan dirapikan.
2. Klik Align Panel (Jika belum ada Klik Window > Align).
3. Klik icon To Stage di Align Panel untuk merapikan objek relatif terhadapukuran stage.
4. Klik icon-icon yang ada di Align Panel pada perintah Align, Distribute, atau Amtch Size untuk merapikan objek yang sudah dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Align Panel



MANIPULASI OBYEK

A.      Menggunakan Lasso Tool, Clear, Cut, Copy, dan Duplicate
    1.  Lasso Tool, dipakai untuk memilih obyek jika pada posisi berdekatan dengan obyek lain. Caranya, klik dan drag menelusuri obyek yang Anda pilih.
    2.  Clear, digunakan untuk menghapus obyek yang terpilih. Caranya, klik Menu Edit -> Clear / Backspace. Flash akan menghapus obyek yang terpilih.
   3.  Cut dan Paste, Cut digunakan untuk mengambil obyek dan tersimpan dalam clipboard. Sedangkan  paste digunakan untuk menampilkan obyek yang telah tersimpan dalam clipboard.
      4.    Copy, digunakan untuk membuat file copy.
    5.   Duplicate, digunakan untuk membuat file duplicate yang letaknya tidak jauh dari file asli. Caranya, klik Menu Edit -> Duplicate.

B.   Infopanel, digunakan untuk mengatur posisi obyek secara spesifik di area stage, tepat pada posisi x, y yang Anda tentukan. Buat kotak seleksi, perhatikan info panel dan rubah posisi x dan y.


TOOLS FLASH

Di dalam adobe flash terdapat berbagai tool yang dapat digunakan untuk menggambar suatu objek atau memodifikasi objek tersebut. Berikut ini adalah jenis-jenis tool pada adobe flash beserta fungsinya :

Selection Tool (V)                        :     Digunakan untuk memilih dan memindahkan objek-objek yang ada di dalam stage.
SubSelection Tool (A)                 :   Mirip dengan Selection Tool, tetapi kita bisa memilih komponen-komponen terkecil bila objek yang aktif merupakan objek shape.
Free Transform Tool(Q)            :     Digunakan untuk memanipulasi objek yang terpilih. Manipulasi yang bisa kita lakukan antara lain rotate, scaling, skew, dll.
Gradient Transform (F)             :     Digunakan untuk memanipulasi warna gradien yang ada pada objek.
Lasso Tool (L)                             :     Digunakan untuk memilih bagian dar objek shape dengan bentuk yang kita inginkan. Tidak seperti selection Tool yang hanya memungkinkan kita memilih objek Shape dengan cakupan wilayah persegi.
Pen Tool (P)                                 :     Digunakan untuk menggambar objek shape secara manual.
Add Anchor Point Tool (=)        :     Digunakan untuk menambah vertex pada garis shape yang ada.
Delete Anchor point Tool (-)      :     Digunakan untuk menghapus vertex yang ada pada garis shape.
Convert Anchor point Tool (C) :     Merubah garis menjadi bentuk curva.
Text Tool (T)                               :     Digunakan untuk menambahkan komponen teks pada satge, typenya antara lain Static text, dynamic text, input text.
Line Tool (N)                               :     Digunakan untuk menggambar garis lurus, hasilnya berupa garis shape.
Rectangle Tool (R)                      :     Digunakan untuk membuat objek shape berbentuk persegi.
Oval Tool (O)                               :     Digunakan untuk membuat objek shape berbentuk oval.
Rectangle Primitive Tool (R) : Digunakan untuk membuat gambar berupa persegi, yang modifikasinya tetap dipertahankan pada bentuk aslinya, type gambarnya bersifat vektor tapi bukan shape.
Oval Primitive Tool (O)        :   Digunakan untuk membuat gambar berupa Oval, yang modifikasinya tetap dipertahankan pada bentuk aslinya, type gambarnya bersifat vektor tapi bukan shape.
Polystar Tool                               :     Digunakan untuk membuat objek shape dengan banyak sisi.
Pencil Tool (Y)                        :     Digunakan Untuk Menggambar garis secara bebas, hasilnya berupa garis shape.
Brush Tool (B)                             :     Digunakan untuk mewarnai stage, seakan layaknya sebuah cat, bentuk yang dihasilkan merupakan objek shape.
Ink Bottle Tool (S)                   :     Digunakan untuk mewarnai pada tepi/edge dari objek yang dipilih.
Paint Bucket Tool (K)               :     Digunakan untuk mewarnai pada suatu bidang/objek yang dipilih.
Eyedropper Tool (I)                  :     Digunakan untuk mengeset warna yang dipilh sebagai warna aktif untuk Stroke atau Fill Color.
Erase Tool (E)                            :     Digunakan untuk mengahapus objek shape yang ada dalam stage.
Hand Tool (H)                                :     Digunakan untuk bernavigasi secara bebas.
Zoom Tool ()                              :     Digunakan untuk memperbesar/memperkecil ukuran semua objek yang ada pada stage.



COLORING OBJECT

Untuk memberikan efek yang baik pada suatu animasi ada kalanya kita harus mengatur warna suatu objek agar terlihat menarik. Dalam pewarnaan suatu objek pada Flash MX kita dapat menggunakan berbagai macam tools, diantaranya yaitu :
A.      Color Mixer.
B.       Color Swatches.
C.       Paint Bucket Tools.
D.      Ink Bottle Tools.
E.       Brush Tools.
F.        Fill Transform Tools. (Untuk mengatur efek warna radial).

Jika ingin animasi yang dibuat mempunyai tampilan menarik dan indah, maka harus memberi efek warna yang baik pula. Oleh karena itu kali ini kita akan belajar bagaimana memberikan efek warna pada suatu objek agar terlihat lebih indah.

Memberi warna dengan Color Mixer & Color Swatches, Untuk memberi efek warna pada objek pada Flash MX hanya membutuhkan 2 color tool, yaitu: Color Mixer & Color Swatches. Saat ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan tools tersebut.

Di dalam Color mixer terdapat 5 macam type fill :
1.        None     –    tidak memberi warna apapun pada fill.
2.        Solid      –    memberi warna padat pada fill.
3.        Linier    –    memberi warna berbentuk linier pada fill.
4.        Radial   –    memberi efek warna radial pada fill.
5.        Bitmap  –    memberi image pada fill. (untuk mengimpor file gambar gunakan import to library pada file menu).

Untuk memberi warna pada objek yang ditentukan, kita harus menggunakan tools yang bernama paint bucket tool. Biasanya yang diberi warna pada object ialah fill-nya saja. Untuk memberi warna pada outline, harus menggunakan ink bottle tool.

Pada pojok kanan window color mixer terdapat R, G, B (yang biasa disebut sebagai penentu warna). R(Red) digunakan untuk memberi nilai seberapa besar kemerahan warna objek tersebut. G(Green) digunakan untuk memberi nilai seberapa besar kehijauan warna objek tersebut. B(Blue) digunakan untuk memberi nilai seberapa besar kedalaman warna biru pada objek tersebut. Alpha memberi efek warna transparan pada objek yang dituju.


Pada color swatches untuk memberi warna pada object prinsipnya sama saja dengan color mixer, yang membedakannya yaitu kalau pada color mixer kita dapat mencampurkan berbagai warna sekaligus memodifikasinya menjadi suatu efek warna sesuai dengan keinginan. Tetapi, pada color swatches efek warna sudah ditentukan oleh system. Melalui color mixer kita dapat membuat warna baru di color swatches.

Mengatur Tata letak warna pada Objek, untuk mengatur tata letak warna pada objek dapat menggunakan tool yang bernama Fill Transform Tool. Cara menggunakannya yaitu :
1.        Pilih seluruh area dari objek tersebut. Kemudian pilih Fill Transform Tool dari Tools Box.
2.        Setelah itu klik kembali objek yang akan diatur warnanya. Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.
Selain cara-cara diatas kamu masih dapat mengontrol warna lewat tools box. Hanya saja warna pilihan untuk outline beserta fill bersifat solid. Kunci kesuksesan dalam membuat suatu animasi bersifat interaktif terletak dalam pengaturan warnanya. Jika kamu memberikan warna yang solid saja pada animasimu maka animasi yang kamu buat tersebut akan terlihat kurang menarik. Karena itu efek warna sangat diperhitungkan dalam pembuatan suatu animasi.

Daftar Pustaka :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar